Saat ini toko online merupakan sarana yang baik untuk melakukan promosi dan jualan produk. Bisa berupa website atau lapak di sebuah marketplace atau Forum. Dengan adanya toko online, produk yang kita jual akan bisa dilihat oleh siapa pun dari seluruh dunia. Sehingga setiap bisnis saat ini akan tertinggal oleh yang lain yang juga aktif di dunia maya apabila tidak mempunyai toko online.
Toko online adalah sarana di dunia maya dimana kita bisa memajang foto produk kita dan memberikan informasi mengenai produk yang kita jual. Sehingga apabila ada pengunjung yang berminat dengan apa yang kita tawarkan, dia tinggal menghubungi penjual dan transaksi pun bisa berlangsung.
Untuk mempermudah pengunjung dalam melihat penawaran dan berinteraksi dalam toko online, ada beberapa infromasi atau menu yang wajib ada di setiap toko online.
Product / Service
Jelas banget ini harus ada, karena kalau tidak ada kedua ini apa gunanya toko online kita? Bukan toko online jadinya kalau tidak ada product / service, tapi hanya akan sebagai informasi saja. Di setiap foto dari barang yang dijual disarankan mendeskripsikan detail produknya secara jelas, diantaranya harga, ukuran yang tersedia, bahan, dll. Dengan memberikan informasi yang lengkap, diharapkan akan mengurangi pertanyaan yang akan ditanyakan oleh pengunjung sebelum membeli.
How to Order (Cara Pemesanan)
Pengunjung toko online anda tidak semuanya mengerti tentang cara bertransaksi online. Apalagi bila dia belum pernah beli produk secara online, pasti dia akan lebih bertanya tentang cara bertransaksi daripada tanya tentang produk, paling parahnya dia akan meninggalkan toko online anda dan tidak jadi membeli karena bingung cara bertransaksinya.
Dalam menu How to Order kamu bisa menjelaskan tentang step by step cara berbelanja di toko online kamu. Contohnya :
Tentukan model apa yang ingin dipesan, ingat kode bajunya
Sms kan kode batik beserta ukurannya untuk cek stock. Misal : Sky Denim ukuran M ada?
Klo sudah fix segera pesan kepada kami denga format sms : Nama – AlamatLengkap – Code Barang– Ukuran.
Contoh pesan : Zacky – Jl.Karet karya 2 No.20 Kec.Setiabudi Jakarta Selatan -Navy Zipper – L
kirim ke 085234567890.
Kami akan membalas dengan memberikan total yang harus dibayar.
Pembayaran melalui transfer bank. Kami memiliki rekening BCA,Mandiri, BNI dan BRI.
Barang hanya akan dikirim apabila transfer sudah dilakukan, full.
Setalah anda transfer kami akan mengirimkan pesanan anda melalui JNE.
Sebagai bukti kami telah mengirimkannya, kami akan mengirimkan no.Resi JNE kepada anda, sehingga bisa juga untuk mengecek status pengiriman barang di website kami.
Happy shopping
Contact
Menu ini berisi tentang bagaimana pengunjung bisa menghubungi penjual. Isinya bisa dengan memberikan kontak Alamat, No.hp, Pin BBM, ID aplikasi chat, Email, dan aplikasi komunikasi lainnya.
Ada juga yang mengisi menu contact ini dengan menyediakan Form Contact dari website yang akan menuju ke email penjual.
Itulah beberapa informasi atau menu yang wajib ada untuk toko online. Namun apabila anda ingin memberikan informasi yang lebih lengkap yang akan membantu konversi (membuat lebih banyak pengunjung tertarik dengan produk yang anda tawarkan), bisa menambah beberapa menu seperti di bawah ini.
Berikut ini merupakan menu pelengkap tapi bisa berdampak besar bagi penjualan anda :
About
Menu ini berisi tentang profil dari penjual. Apabila penjual dari perusahaan, maka informasi ini akan menjadi lebih penting untuk memberikan kredibilitas dan kepercayaan kepada pengunjung.
Cart (Keranjang)
Cart berfungsi untuk menyimpan semua belanjaan pembeli dan memberikan informasi total harga yang harus dibayar. Saya masukkan ke menu pelengkap karena tidak semua toko online menganut sistem cart untuk transaksinya. Banyak toko online yang mengharuskan melakukan pemesanan melaui menghubungi langsung penjual.
Menurut saya, di Indonesia belum terlalu siap untuk menganut sistem cart dalam toko onlinenya. Masih banyak yang tidak mengerti dengan sistem cart, masyarakat lebih suka bertransaksi dengan komunikasi langsung dengan penjual. Mungkin terlalu malas untuk mengisi isian form pemesanan atau kurang percaya bila lewat website saja. Tapi ada yang bikin saya sampai sekarang bingung itu suka ada yang masih menanyakan harga atau detail produk, meskipun di deskripsi produk sudah jelas ada jawabannya. Ya begitulah kondisi pasar Indonesia saat ini, jadi sebagai penjual harus memasang nomor kontak yang bisa dihubungi dengan JELAS dan BESAR.
FAQ (Frequntly Asking Question / Pertanyaan yang sering ditanyakan)
Ini berisi tentang tanya jawab mengenai pertanyaan-pertanyaan yang sering ditanyakan pengunjung. Dengan adanya FAQ diharapkan mengurangi pengunjung untuk bertanya kembali, sehingga kita tidak buang energi dan pulsa untuk menjawab pertanyaan yang udah sering ditanyakan.
Berikut contoh FAQ :
Q. Bagaimana sy bisa yakin kalau ini bukan penipuan?
★ Belanja di sini 100% aman didukung dgn Testimonial Pelanggan yang Puas dan Bukti No Resi pengiriman hari ini (di-update setiap hari)
No Resi adalah no bukti pengiriman paket TIKI JNE yg bisa dicek langsung di website TIKI JNE
★ Harga produk yg dijual tdk sebanding dgn waktu & biaya utk membuat website ini beserta isinya (ribuan foto produk yang ditambahkan dan update secara berkala)
★ Situs penipuan tdk akan sering2 meng-update website dgn foto produk baru
★ Situs penipuan tdk akan menggunakan no HP no cantik , krn biasa nya pelaku akan mengganti no HP
Q. Sy blm punya rekening / ATM, cara bayar bgmn ? (more..)
A. Selain transfer, pembayaran bs via setoran tunai ke bank atau titip ortu/kakak/sodara 🙂
Q. Alamat tokonya dimana?
A. ga ada toko gan, penjualan hanya via online, ga bisa COD / bayar di tempat / ketemuan 🙂
Q. Brp ongkos kirim?
A. Mau dikirim ke kota apa bro/sis ? bs cek ongkos kirim disini
Q. Brg sampai brp lama?
A. Brg sampai kira” 1-2 hr utk area Jabodetabek + Bandung, dan 2-4 hr utk kota lain
Q. Ukuran 41 brp cm, takutnya kekecilan.. kl ga muat boleh tukar?
A. ukurannya standar gan, biasanya pake ukuran brp? kl ga yakin bisa cek ukuran disini Kl masih salah jg ukurannya boleh tukar 🙂
Q. Sms blm dibales / sudah pesan via sms tp blm dikonfirmasi ?
A. Mgkin lagi rame, pasti dibales kok, harap maklum ^_^
Testimonial
Testimonial ini berisi tentang komentar kepuasan pelanggan yang sudah membeli. Sebaiknya anda sebagai penjual hanya memasang testimonial positif saja. Karena dari fungsi testimonial sendiri adalah untuk membuat calon pembeli lebih percaya dengan produk yang kita tawarkan.
Testimonial agak susah didapatkan, karena tidak semua pembeli akan bersedia meluangkan waktu untuk memberikan testimonial. Untuk mendapatkan lebih banyak testimonial, anda bisa memberikan hadiah kepada pembeli apabila memberikan testimonial sehingga pembeli akan lebih tertarik untuk memberikannya. Jangan pula anda membuat testimonial palsu, karena dari segi agama itu dosa, dari segi bisnis juga kalau suatu waktu terbongkar kebohongan anda maka akan berakibat fatal.
Ongkos Kirim
Setiap pengunjung yang tertarik untuk membeli produk anda, pasti lah dia akan menanyakan berapa ongkos kirim yang harus dikeluarkan. Supaya calon pembeli tidak perlu bertanya lagi, sebaiknya anda menyediakan menu hitung ongkos kirim di toko online anda. Ini agak sulit untuk dibuat, mengingat banyaknya daerah yang ada di Indonesia. Namun sebagian toko online sudah ada yang menyediakan kemampuan tersebut.
Kalau tidak mau repot dengan ongkos kirim, anda bisa membuat promo Free Ongkir. Biar tidak terlalu tekor bisa diakalin misal dengan Free Ongkir Jabodetabek, Pulau Jawa +10ribu, Luar Pulau Jawa +25ribu.
Itulah beberapa informasi atau menu yang wajib dan disarankan ada di setiap toko online anda, semoga bermanfaat.
Main Games sambil cari Rupiah ?? Caranya gampang kok..
BalasHapusGabung aja bersama Agen Poker S1288POKER !!
Segera jadikan S1288POKER sebagai Agen Poker Pilihan Anda.
Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
BBM : 7AC8D76B
WA : 081910053031